Desain Pos Satpam (Gardu Jaga) oleh Darul Manan

Salah satu alternatif lingkungan rumah tinggal bagi masyarakat golongan menengah ke atas dewasa ini adalah kawasan Perumahan Real Estate. Faktor yang dijadikan komoditas penjualan perumahan real estate adalah faktor keamanan, misalnya : jaminan keamanan 24 jam, pemakaian CCTV, aksesibilitas “one gate system”, dan sistem sirkulasi “cul de sac”.

Seiring dengan semakin tingginya urgensi faktor keamanan di lingkungan perumahan real estate ini, maka setiap Pengembang (Developer) semakin berkeinginan untuk mewujudkan fisik bangunan Gardu Jaga (Pos Satpam) sesuai dengan strata sosial penghuni dan karakteristik bangunan perumahan yang dibuatnya.

Gardu Jaga (Pos Satpam) merupakan salah satu wujud fisik yang mampu menyimbolkan karakter strata sosial penghuninya sekaligus karakter bentuk tematik dari lingkungan perumahan real estate tersebut. Sehingga, Gardu Jaga (Pos Satpam) yang akan Saya rancang ini mengandung prinsip-prinsip, sebagai berikut :

1. Memiliki ciri lingkungan Perumahan Real Estate sesuai dengan bentuk tematik bangunan rumahnya,

2. Memiliki ciri strata sosial penghuni yang tergolong menengah ke atas,

3. Memiliki fungsi yang lengkap, baik dalam konteks kualitas maupun kuantitas,

4. Memiliki efek positif terhadap arsitektural lingkungan perumahannya.

Dalam rancangan Gardu Jaga (Pos Satpam) ini, memiliki batasan-batasan rancangan yang telah ditentukan sebelumnya oleh pihak Pemilik (Dosen), yaitu :

1. Penguni           : 4 Orang Satpam (Laki-laki)

2. Fungsionalitas : Ruang Jaga = 6×6 m2

                              Rg. Istirahat = 3×4 m2

                              Ruang Ganti = 2×3 m2

                              KM/WC = 2×2 m2

3. Site Plan

clip_image002[4]

Letak Gardu Jaga (Pos Satpam) yang akan Saya rancang, terletak pada lahan dengan kode “C” yang berukuran 12x 9m. Sehingga, desainnya akan memiliki tiga view (arah pandang, yaitu : Depan (Timur), Kanan (Utara), dan Kiri (Selatan).

PROSES PERANCANGAN

A. Analisa

1. Organisasi Ruang

clip_image004[4]

Dari gambar diagram diatas, menunjukkan bahwa setiap ruangan yang akan Saya rancang nantinya saling berhubungan. Namun, untuk bisa mengakses ke ruang Istirahat, ruang Ganti dan Kamar Mandi, harus melalui Ruang Jaga.Dengan kata lain, Ruang Jaga adalah Induk dari ruang-ruang yang ada.

2. Prinsip Ruang

PrinsipRuang

B. Perancangan

Dari analisa yang telah Saya lakukan, menghasilkan Denah seperti berikut :

clip_image006[4]

Sama seperti diagram pengorganisasian yang telah Saya buat sebelumnya, setiap ruangan memiliki hubungan dan akses secara langsung. Dan untuk bisa mengakses ke ruang Istirahat, ruang Ganti dan KM/WC, harus melalui Ruang Jaga.

clip_image008[4]

Dengan adanya bukaan (Jendela) yang cukup pada setiap ruangan, akan mengakibatkan cayaha dapat masuk dan akan menjadikan ruangan tidak lembab (sumpek).

Penambahan elemen Vegetasi dan Kolam, bertujuan agar cahaya matahari langsung yang menimpa bangunan dapat diminimalisir. Sehingga resiko kerusakan bahan seperti kaca, cat, dan lainnya yang disebabkan oleh terik matahari dapat berkurang.

clip_image010[4]

Adanya bukaan yang cukup besar pada Ruang Jaga bagian depan dan samping, akan memberikan view yang cukup. Sehingga, ketika Satpam berada di dalam ruangan, dapat melihat ke tiga arah, yaitu depan, samping kanan dan samping kiri bangunan secara bebas (tanpa penghalang).

OLAH BENTUK

clip_image012[4]

Bentuk rumah yang akan Saya sesuaikan dengan bentuk Gardu Jaga adalah seperti gambar di atas. Sehingga menghasilkan bentuk dasar seperti gambar di bawah ini :

clip_image014[4]

Awalnya, Saya terinspirasi dari huruf pertama dari kata “SATPAM” yaitu huruf “S”, yang kemudian Saya jadikan sebagai bentuk dasar dari Gardu Jaga ini.

clip_image016[4]

Pada gambar diatas, bentuk dasar “S” tetap Saya jaga. Yang kemuadian Saya olah, sehingga menghasilkan elemen-elemen bentuk dan fungsi yang saling berkaitan.

Dalam pengolahan bentuk, tetap melihat acuan yaitu bentuk perumahan. Sehingga, bentuk dan fungsi yang terbentuk pada Gardu Jaga tidak melenceng dari tema.

About these ads