Sofa Yang Pas Buat Tiap Ruang

Hampir di setiap hunian rumah, akan ada perabot yang kita sebut sofa. Perabot berlapis bantalan yang diberi cover ini, begitu disukai karena kenyamanannya untuk dijadikan tempat duduk, bahkan dengan keberadaan sofa dapat menciptakan kehangatan dan keakraban dalam sebuah ruang. Oleh sebab itu, sofa dapat diletakkan hampir di semua ruang baik itu di teras, ataupun di kamar tidur. Berikut ini akan kami bagikan informasi seputar macam-macam sofa dan tempat yang paling pas untuk meletakkannya, dan semoga informasi ini berguna untuk Anda semua.

imagePada dasarnya sofa berfungsi sebagai tempat duduk. Untuk itu sofa bisa diletakkan di ruang manapun yang memang digunakan untuk duduk-duduk. Atau bisa juga sofa diletakkan di ruangan yang bisa untuk bersantai, seperti teras maupun ruang keluarga. Jadi semua sofa bisa dipilih, tinggal menyesuaikan diri dengan fungsi ruang dan ukuran ruangnya di mana dia akan diletakkan.

Selain berfungsi sebagai tempat duduk, sofa juga dapat berfungsi sebagai elemen estetis dalam ruang. Untuk menonjolkannya dalam sebuah ruang, maka pemilihannya pun tidak boleh sembarang. Akan lebih baik bila memilih bentuk yang menarik dan yang unik. Selain itu sofa dapat berfungsi sebagai pembatas ruang. Ukurannya yang cukup signifikan memungkinkan sofa digunakan sebagai pembatas imajiner antar ruang.

Sofa untuk teras

Karena suasana teras adalah santai dan jauh dari kesan formil, maka sofa yang cocok untuk diletakkan di sana adalah dengan model bed yang bisa dipakai untuk rebahan. Karena terletak diluar, maka lebih baik memilih dari bahan yang kuat dan tahan cuaca, seperti sofa dari serat alami, misalnya dari bahan enceng gondok, rotan dan sebagainya.

Sofa ruang tamu mini

Untuk foyer yang kerap difungsikan sebagai ruang tamu mini, sepasang sofa single seater dengan meja kecil di tengah-tengahnya, bisa menjadikan foyer sebagai tempat yang representatif untuk menerima tamu.

Sofa untuk ruang keluarga

Dalam sebuah ruang keluarga, maka saat memilih sofa hal yang terpenting yang harus diperhatikan adalah masalah ukurannya. Pilih yang jumlah dudukannya mampu menampung seluruh anggota keluarga. Selain itu juga diperhatikan bahannya yang berkualitas agar tidak cepat belel, dan yang tidak mudah kotor serta mudah untuk dibersihkan, mengingat sofa untuk ruang keluarga ini sering diduduki oleh semua anggota keluarga.

Sofa untuk ruang kerja dan ruang baca

Untuk ruang baca, sofa yang paling pas adalah yang dudukannya nyaman karena terdapat bantalan pada dudukan serta sandarannya. Mengapa sofa tipe ini yang dipilih karena kegiatan membaca membutuhkan waktu yang lama, dan sofa ini sangat nyaman bila digunakan ketika membaca.

Sedang untuk ruang kerja, sofa merupakan tempat yang paling nyaman yang digunakan untuk melepas rasa lelah selepas pulang kerja atau melakukan aktivitas apapun. Pilihan yang paling pas untuk ruang kerja ini adalah sofa dengan single seater lengkap dengan footstool sebagai penyangga kaki.

Sofa ruang tidur

Pada kamar tidur, sofa digunakan untuk melengkapi area duduk dalam kamar. Pilihan sofa single seater, seperti sudah pas, tapi bila ingin sofa yang berukuran lebih besar dari 1 orang, maka love seat bisa dipilih untuk ditempatkan di ujung ranjang, sehingga bisa dijadikan tempat ngobrol yang lebih enak. [mojokertocyber.com]