Tips Mengecat Dinding

Berikut ini akan kami berikan beberapa tip mengenai mengecat dinding, bagaimana agar cat tidak mudah mengelupas, sebelum melakukan pengecatan lebih baik tahu kondisi dinding dan kapan waktu yang tepat untuk mengecat. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat membantu Anda semua.

Agar cat tidak mudah mengelupas

Tujuan utama untuk mengecat dinding adalah agar penampilan rumah kita kelihatan cantik. Tetapi sayangnya, mengapa cat dinding kita menjadi mudah terkelupas, atau tidak bisa bertahan lama. Apa yang salah ya? Masalahnya, banyak orang yang menggunakan plamur sebagai cat dasar. Padahal plamur hanya berfungsi untuk menutup retak-retak halus pada tembok. Bahan baku plamur tidak dibuat untuk mengikat cat, karena itu kalau Anda menggunakan plamur sebelum proses pengecatan, cat akan mudah mengelupas. Jadi yang harus digarisbawahi adalah "Jangan menggunakan Plamur Sebelum Anda Mengecat".

Cari tahu kondisi dinding

Bila dinding Anda sudah mengapur, itu tandanya perlu dicat ulang. Apa tanda-tanda cat tembok sudah mengapur? Coba Anda sapukan kain atau tangan Anda sendiri ke tembok. Jika pada kain atau tangan Anda tertinggal bubuk putih maka itu berarti dinding Anda sudah mengapur dan perlu dicat ulang.

Saat tepat mengecat dinding

Bila anda ingin mengecat dinding, tidak serta merta harus dilakasanakan setiap saat. Bila Anda lakukan pada saat musim hujan, cat akan lebih lama kering. Tetapi jika Anda lakukan pada saat musim kemarau atau pada saat matahari sedang terik-teriknya, maka hasilnya juga tidak akan dapat maksimal. Karena cat pada lapisan luar akan lebih cepat mengering dari pada bagian dalamnya. Hal ini menyebabkan cat menjadi mudah retak, menggelembung, atau bahkan terkelupas. Oleh sebab itu, lebih baik hindari dua kondisi diatas untuk mengecat. Karena saat yang tepat untuk mengecat adalah di waktu musim kemarau, tetapi pada saat matahari tidak terlalu terik. [mojokertocyber.com]