Trik Mengatur Pencahayaan Rumah

imageMengatur pencahayaan di rumah merupakan hal yang harus dipikirkan. Karena dengan pencahayaan yang benar dan optimal akan membuat segala aktivitas yang kita lakukan di dalam rumah menjadi nyaman. Untuk dapat membuat cahaya di rumah menjadi optimal dan sesuai dengan kebutuhan tentu saja ada triknya, dan berikut adalah trik yang bisa Anda lakukan.

Memenuhi kebutuhan cahaya yang utama

Di setiap ruangan pasti membutuhkan penerangan. Dan penerangan ini sebisa mungkin diupayakan agar dapat menerangi seluruh ruangan secara merata. Hal ini dimaksudkan untuk membantu penghuni rumah dalam melakukan segala macam  aktivitasnya. Untuk itu diperlukan pencahayaan yang tidak perlu terlalu terang, namun cukup membuat ruangan tersebut tidak terlalu gelap. Biasanya dipakai lampu jenis downlight untuk mendapatkan penerangan yang rata di seluruh ruangan.

Menentukan kegiatan yang membutuhkan cahaya yang lebih

Cobalah Anda analisa kira-kira daerah mana yang biasanya Anda gunakan untuk melakukan kegiatan yang spesifik yang sekiranya memerlukan pencahayaan lebih. Misalnya dapur, kita memerlukan pencahayaan lebih ketika kita melakukan kegiatan memasak seperti memotong atau hal lain yang perlu ketelitian, atau daerah lain yang biasanya juga memerlukan pencahayaan lebih yaitu kamar tidur, biasanya kita memerlukannya untuk membaca, berhias, atau bahkan belajar. Nah setelah kita mengetahui daerah mana yang memerlukan pencahayaan lebih maka kita dapat memberikan pencahayaan setempat atau task lighting yang mengarah pada tempat kita menjalankan aktivitas tersebut.

Memanfaatkan dimmer

Dimmer adalah suatu alat yang digunakan untuk memvariasikan kecerahan cahaya. Dengan memanfaatkan dimmer, maka kita bisa mengatur tingkat keredupan lampu seperti yang kita inginkan. Misalnya pada ruang kamar tidur, disaat kita terjaga kita mungkin membutuhkan lampu yang terang, tetapi disaat kita sedang tidur kita menginginkan cahaya yang agak redup. Untuk itu kita bisa menggunakan dimmer pada lampu downlight atau pada lampu meja yang diletakkan di atas nakas.

Menyediakan lampu malam

Pada malam hari, untuk ruang-ruang tertentu sebaiknya diberikan lampu yang agak redup yang gunanya untuk menghindari ruang tersebut menjadi gelap gulita sehingga menjadi sulit atau berbahaya untuk di lalui.  Misalnya daerah menuju toilet atau di tangga.

Menyebar titik lampu

Sinar yang bersumber hanya dari satu titik akan menyebar ke segala arah. Akibatnya akan muncul bayangan di segala arah. Ruangan yang demikian tentunya sangat tidak nyaman. Sebaiknya dalam suatu ruang yang cukup luas (lebih dari 6 m x 6 m) menggunakan lebih dari satu sumber sinar. Bila dirasa sulit mengadakan lebih dari satu sumber sinar, maka lebih baik jika membuat satu titik lampu bercabang menjadi beberapa titik sinar.

Mencoba indirect lighting

Sumber sinar, yakni bola lampu sebaiknya tidak terlihat langsung. Yang terlihat hanya sinarnya atau pantulannya atau pendarannya melalui perantara kaca buram penutup lampu atau media-media lain yang bersifat menebarkan sinar. Hal ini tentu merugikan dalam hal tingkat terangnya lampu. Namun sinar yang terlihat langsung dalam ruang kadang-kadang sangat mengganggu kenyamanan mata dan kurang sedap dipandang karena cahaya menjadi sangat tidak merata penyinarannya dalam suatu ruang.

Dalam mengatur pencahayaan tentu ada pantangannya yaitu :

  • Membuat pencahayaan yang menyilaukan mata. Jika lampu yang digunakan menggunakan watt yang besar pasti dapat menimbulkan silau. Selain itu silau dapat juga diakibatkan karena cahaya putih yang mengenai bidang putih dan memantul. Oleh sebab itu sebaiknya jika dinding di rumah berwarna putih jangan langsung mengarahkan pencahayaan ke dinding.
  • Menggunakan satu sakelar untuk banyak lampu. Bisa saja Anda menggunakan banyak lampu dalam satu ruangan, tapi usahakan jangan menggunakan satu sakelar, usahakan untuk satu sakelar paling banyak untuk mengoperasikan 4 buah lampu. Jika lebih dari itu, dapat menyebabkan pemborosan energi karena lampu yang tidak terpakai akan ikut menyala.
  • Menggunakan rumah lampu yang tidak sesuai. Hal ini menyebabkan efek cahaya yang seharusnya terlihat bagus akan menjadi buruk karena terhalang oleh ukuran lampu yang terlalu besar. [mojokertocyber.com]