Solusi Untuk Masalah Pintu

Pintu merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah rumah. Tidak hanya sebagai alat keamanan sebuah rumah, tetapi juga sebagai pemanis sebuah rumah. Berikut ini akan kami berikan informasi mengenai berbagai permasalahan yang sering terjadi pada sebuah pintu dan bagaimana mengatasinya.

Berbagai permasalahan yang sering terjadi pada sebuah pintu adalah

  • Berderit. Kita kadang risih bila mendengar pintu kita sering berderit jika kita membuka dan menutupnya. Solusi yang tepat untuk kasus ini adalah sebulan sekali usahakan untuk memberikan minyak pada engsel pintu dengan memberikan oli bekas, minyak mesin, atau campuran minyak tanah dan minyak goreng dengan perbandingan yang sama.

  • Slot rusak akibat pintu sering terhempas angin. Solusinya adalah dengan menggunakan pengganjal pintu buatan sendiri atau pergunakan door stopper

  • Pintu menggesek lantai atau kusen. Sering kali pintu kita menggesek lantai atau kusen. Akibatnya, timbul bekas gesekan pintu pada lantai ataupun kusen. Jadi nampak tidak menarik. Maka solusi untuk mengatasi hal ini adalah jika disebabkan oleh lapuknya kayu, maka pintu harus diganti yang baru. Jika karena engselnya yang aus atau copot, ya diganti engsel yang baru, atau jika karena kayunya yang memuai maka lebih baik bagian yang mengembang diserut.

  • Pintu renggang dan retak. Seringkali pintu terlihat renggang ataupun retak. Untuk mengatasinya olesi celah dengan lem epoxy dan tambal dengan serpih kayu yang jenisnya sama. Jika celah kecil, cukup tambal dengan dempul kayu.

  • Finishingpudar dan pecah-pecah. Untuk mengatasinya adalah membersihkan sisa-sisa cat atau pelitur (diamplas) dan lakukan finishing ulang. Pilihan finishing yang elastis, tahan air, bisa mengeluarkan kelembaban air dari dalam kayu dan tahan sinar matahari.

  • Pintu lapuk dan terserang jamur. Solusi yang dapat Anda lakukan bersihkan bagian pintu yang lunak dan berjamur, kemudian keringkan pintu (dijemur atau dioven). Setelah itu lakukan finishing ulang. [mojokertocyber.com]

Iklan