Memilih Model Gorden

Setelah sebelumnya, kita mengenal beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih gorden, kini ada satu hal lagi yang harus diperhatikan yaitu memilih model gorden.

Sebagai bagian dari elemen interior, kehadiran gorden harus disesuaikan dengan fungsi ruang dan kesan yang ingin ditampilkan. Untuk mengetahui style ruang yang sesuai, kenali kondisi ruang Anda terlebih dahulu. Pengenalan fisik terhadap ruang meliputi seberapa luasnya, bagaimana bentuknya, dan berapa ketinggian plafonnya.

Sebagai ruang yang baik biasanya akan memiliki keharmonisan yang baik antara ukuran ruang dan jendela. Dengan kata lain, dengan mengetahui ukuran fisik ruang. Anda dapat merencanakan dengan tepat seberapa luas Anda memerlukan gorden sebagai penutup ruang Anda.

Selain itu ketahui pula fungsi ruang. Pengecekan tentang ini meliputi bagaimana ruang ini nanti akan digunakan. Apakah untuk acara formal, informal, atau berganti-ganti sesuai keperluan. Beberapa model curtain memiliki kesan khas “berat” untuk tampilan ruang formal dan sebagian lagi justru terkesan ringan untuk ruang informal.

Bukan hanya mengetahui fungsi ruangnya, tapi siapa yang akan menggunakan ruang dan seberapa sering ruang akan digunakan, juga patut Anda perhatikan. Hal ini akan berpengaruh pada pemilihan model gorden, khususnya hubungannya dengan kemudahan perawatan dan operasionalnya.

Gorden yang ditempatkan pada ruang-ruang yang gampang kotor seperti dapur atau kamar mandi dimana setiap orang dari berbagai golongan umur menggunakan, sebaiknya dipilih dari bahan yang mudah dicuci dan mudah operasionalnya.

Faktor pencahayaan ruang juga penting diperhatikan agar Anda dapat seoptimal mungkin memanfaatkan cahaya yang masuk atau sebaliknya melindungi ruang Anda terhadap cahaya panas yang tidak diinginkan. Ketahui arah hadap ruang dan letak jendela ruang Anda. Tentukan jenis model gorden yang sesuai yang bisa memenuhi kebutuhan Anda akan cahaya. [mojokertocyber.com]