Batako Ringan Material Alternatif Tahan Gempa

imageIndonesia merupakan negara yang rawan terkena gempa. Oleh karenanya dalam merancang sebuah hunian tempat tinggal, alangkah baiknya bila kita perhatikan hal tersebut. Bila Anda perhatikan gempa dan tsunami yang terjadi di Jepang pada waktu lalu, gedung-gedung dan rumah hunian di Jepang dapat dikatakan sangat sedikit yang mengalami kerusakan. Yang membuat semuanya hancur adalah tsunami yang terjadi setelah terjadi gempa, bukan akibat gempa itu sendiri. Memang Jepang sebagai negara maju, begitu serius memikirkan bagaimana membuat bangunan gedung dan rumah yang dapat tahan dengan goncangan gempa yang kerap terjadi. Hal inilah yang seharusnya di tiru oleh negara kita.

Mungkin kita belum bisa secanggih Jepang yang dapat membuat konstruksi bangunan tahan gempa, tetapi setidaknya kita dapat membuat hunian tahan gempa dengan memperhatikan material yang digunakannya. Salah satunya adalah batako. Batako merupakan salah satu material yang dapat digunakan untuk membuat dinding.

imageSelama ini kita mengetahui batako terbuat dari campuran semen dan pasir. Tetapi kini ada produk batako yang bahan dasarnya semen dan pasir dicampur dengan abu sekam padi atau juga dari abu sisa pembakaran dari tungku pabrik gula. Batako dari campuran sekam memiliki kelebihan diantaranya adalah memiliki kandungan silika yang tinggi yang dapat menambah kekuatan batako. Selain itu juga memiliki bobot yang lebih ringan, bahkan bisa mencapai setengah dari bobot batako tanpa campuran.

Bagaimana membuat dinding berotot?

Pemasangan batako hendaknya juga memperhitungkan kekuatan dinding. Sama seperti memasang bata untuk dinding yang menggunakan tulangan sebagai “otot” dinding. Dinding dari batako juga perli diberi “otot”. Caranya adalah dengan memasang tulangan baja atau tulangan dari potongan bambu di lubang batako. Pasanglah tulangan baja atau tulangan bambu tadi dengan jarak 50 cm kemudian dicor dengan beton supaya menjadi satu dengan batako. Dengan demikian dinding batako akan lebih kuat. [Tabloid Rumah]