Membuat Carport Yang Unik

imageCarport sekarang ini dapat dikatakan menjadi sebuah kebutuhan bagi tipe rumah kecil, sedang maupun besar. Karena keberadaan carport dapat memberikan kesan yang kuat terhadap eksterior sebuah rumah, yang akan menambah keindahan rumah itu sendiri. Tetapi sayangnya banyak yang membuat carport sekedarnya saja, hanya cor beton saja. Padahal carport berada di depan rumah yang bisa menjadi pusat perhatian sebelum seseorang memperhatikan bagian interior rumah.  Untuk itu pada kesempatan kali ini akan kami berikan tips seputar membuat carport yang unik yang dapat menambah kesan indah rumah Anda.

Mungkin Anda ada yang bertanya-tanya sebenarnya carport itu letaknya dimana? Carport letaknya di depan rumah yang menghubungkan pintu pagar depan dengan teras atau garasi. Jadi bisa juga diartikan carport itu berfungsi sebagai halaman depan rumah atau sebagai  garasi mobil Anda. Berhubung carport terletak di depan rumah, sehingga perlu direncanakan untuk membuat carport yang semenarik mungkin, sehingga akan menambah kesan yang menarik pula pada rumah itu sendiri.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat carport, diantaranya adalah :

  • Meskipun carport hanya dipergunakan untuk jalanan atau tepat mobil saja, tetapi dengan memberikan kesan cantik panda lantai carport, akan menambah keindahan arsitektur rumah, terutama eksterior rumah. Untuk itu perlu dilakukan penyelarasan carport itu sendiri sehingga dapat menciptakan keindahan keseluruhan arsitektur rumah. Maka yang perlu diperhatikan adalah kombinasi warna carport itu sendiri, sehingga tampilan carport dapat menjadi unik dan cantik. Warna yang dimaksud dapat berupa warna yang kontras, atau warna yang netral, warna alam, atau bahkan warna kultural. Warna-warna ini dapat lahir secara sendirinya menyesuaikan dengan penggunaan material. Oleh sebab itu yang perlu Anda cermati adalah ketika memilih material, unsur warna pada material juga harus dipertimbangkan.
  • Yang harus diperhatikan selanjutnya adalah desain atau pola carport itu sendiri. Carport yang dibuat secara standart biasanya disebabkan oleh kurangnya ide. Padahal dengan bahan dasar yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, carport dapat dibuat menjadi unik. Desain bentuk lantai carport yang unik banyak macamnya. Kini banyak contoh-contoh desain atau pola carport yang unik di buku-buku eksterior rumah yang dapat Anda aplikasikan.

Dalam merencanakan pembuatan carport  yang unik sekaligus cantik, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal yaitu fungsi carport itu sendiri, keamanan carport, dan kekuatan carportnya.

1. Memahami fungsi carport.

Ada beberapa fungsi carport diantaranya adalah sebagai jalan lewat, tempat memandikan mobil, sebagai tempat parkir mobil, dan tempat bermain anak-anak.

  • Bila carport digunakan sebagai tempat jalan, maka hal-hal yang harus diperhatikan adalah diusahakan carport searah dengan pintu depan, hal ini bertujuan untuk mempermudah aktivitas anggota keluarga tersebut. Selain itu diusahakan agar ada lantai penghubung carport dengan teras. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan ketinggian antara teras dan lantai interior bangunan rumah. Selain itu juga sebaiknya carport diletakkan berada di samping kiri atau kanan teras depan rumah. Untuk hal ini kaidah fungsionalnya yang lebih berperan ketimbang kaidah estetikanya.
  • Tempat memandikan mobil. Kadangkala orang lebih suka membersihkan mobilnya sendiri di rumah. Mungkin dengan alasan ingin lebih berhemat, atau karena letak cuci mobil yang jauh dari tempat tinggalnya. Bila carport dijadikan sebagai tempat untuk membersihkan atau mencuci mobil, maka yang perlu diperhatikan adalah jangan lupa membuat saluran drainase di samping kiri arau kanan carport agar air mudah mengalir. Usahakan agar lantai carport miring ke jalan, lebih ideal jika kemiringannya 10%. Hindari penggunaan bahan lantai carport yang mudah menahan kotoran seperti tanah dan pasir. Hindari pula penggunaan bahan lantai yang mudah berjamur, pilih bahan atau material yang memiliki gradiasi permukaan yang halus, karena biasanya gradiasi yang halus akan mudah kering sehingga tidak mudah berjamur. Buat permukaan lantai yang tidak licin. Pilih gradiasi permukaan material lantai yang mempercepat terjadinya penguapan air. Pilih juga warna lantai yang menonjol seperti hijau, kuning, merah dan sebagainya.
  • Untuk membuat carport yang berfungsi sebagai pelataran parkir mobil yang perlu diperhatikan adalah lebar carport harus dibuat selebar pintu pagar depan rumah, panjangnya juga sebaiknya melebihi panjang sebuah mobil, perlu dibuatkan pembatas berupa cansten dengan elemen lain seperti taman, tujuannya untuk menhindarkan terjadinya resapan air dari taman, sebagai pembatas kontur tanah, dan sebagai tempat meletakkan tali air induk (utama). Selain itu carport bisa saja dibuatkan pelindung seperti pegola untuk melindungi mobil dari sinar matahari langsung maupun hujan.
  • Sebagai tempat bermain anak-anak maka hal yang perlu diperhatikan adalah usahakan membuat carport yang luas agar anak-anak dapat dengan leluasa bermain, terutama permainan yang memakai alat permainan seperti sepeda,  mobil-mobilan atau kereta-keretaan. Yang harus diperhatikan pula adalah pertemuan tepi jalan dengan carport hendaknya tidak terlalu curam, hal ini untuk menghindarkan anak-anak dari sesuatu hal yang membahayakannya. Misalnya jika anak-anak terburu-buru keluar atau mengeluarkan sepedanya tanpa melihat kondisi sekelilingnya, misalnya carport yang cenderung curam dapat menyebabkan anak tersebut jatuh. Selain itu sudut-sudut cansten atau pembatas antara carport dan taman jangan berbentuk siku atau tajam, hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakan kecil saat anak akan menuju ke taman.

2. Memahami Keamanan dan kekuatan Carport

Apa pun bahan yang diguankan untuk membuat carport, yang perlu diperhatikan adalah faktor keamanan dan kekuatan struktur permukaan lantai carport. Diantaranya adalah diusahakan agar dalam membuat carport, sebaiknya permukaan carportnya menggunakan bahan atau material yang kasar, sehingga tidak membuat mobil menjadi selip ketika hujan atau dalam kondisi carport basah.

Carport yang ideal adalah carport yang mampu memikul beban yang berat, sehingga lantai carport harus menggunakan tulangan besi untuk menyanggah beban beratnya misalnya mobil. Bila lantai carport tidak dapat menahan berat mobil dikhawatirkan lantai carport tersebut menjadi rusak. [Bernat H]