Tanaman Rambat Percantik Tampilan Rumah

imageSekarang ini, tanaman rambat sangat disukai terutama untuk menambah keindahan tampilan sebuah rumah. Tanaman rambat bisa menjulur di mana saja, di tiang, di pagar, bahkan di dinding. Tidak itu saja, di pergola pun bisa kita beri tanaman tambat.  Semuanya bisa membuat mata kita menjadi segar. Asalkan kita bisa merawat dan mengendalikan pertumbuhannya, di jamin rumah Anda akan kelihatan semakin indah.

Tanaman rambat yang cocok untuk pergola adalah jenis tanaman yang berbunga atau berbuah. Misalnya, jenis anggur, Thunbergia sp, alamanda, atau pare. Jenis tanaman rambat seperti ini akan tumbuh menjuntai.

Untuk dinding, pilih tanaman rambat jenis yang menempel dan menutupi permukaan. Karena dinding memiliki permukaan yang lebih luas, tanaman yang cocok adalah jenis dolar (dollar plant) atau syngonium. Tanaman ini memiliki akar yang cukup kuat untuk mencengkeram tembok. Hasilnya akan lebih baik jika ia dirambatkan di permukaan dinding yang tidak licin. Dinding dengan finishing kamprot (plesteran kasar tanpa acian) adalah yang terideal.

imageSebenarnya rimbunan tanaman rambat ini memiliki keuntungan, yaitu dapat menjadi tempat berteduh di kala hujan maupun panas. Jika Anda bermaksud menanam tumbuhan rambat, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilupakan antara lain soal perawatan. Tanaman rambat, terutama jenis dolar harus dipangkas bila terlalu rimbun. Selain itu, Anda juga harus melakukan penjarangan. Musababnya, dolar yang keburu tumbuh besar bisa merobohkan dinding. Ketika pergola menjadi tempat merambatnya tanaman tersebut, maka pergola diibaratkan menjadi tulang bagi tanaman rambat. Oleh karenanya, tentukan ketinggian pergola sesuai dengan kebutuhan. Jika perlu, beri jaring tepat di bawah kisi-kisi atas pergola untuk menangkap daun-daun yang berguguran.

Beberapa jenis tanaman rambat

Agar menempatkannya tidak salah, berikut ini beberapa jenis tanaman rambat dilihat dari karakteristik dan tempat yang sesuai untuk tumbuh.

Outdoor plant:

  • Menempel di dinding. Yang perlu diingat, tanaman yang menempel di dinding sebaiknya memiliki akar yang kuat. Diantaranya adalah Dolar plant, Sirih (Piper helix), Ivy (Hedera helix)
  • Merambat di pergola. Ada dua jenis tanaman yang bisa merambat di pergola, yaitu yang bersulur (anggur dan pare) dan yang bisa mencapai tempat tinggi bila ada pendukungnya (karena tidak punya kekuatan untuk berdiri, biasanya menumpuk atau menyangkutkan diri pada media lain. Jenis-jenisnya antara lain Bugenveil /kembang kertas, alamanda, Singosium, Bohemia, Daun pilo, Pandorea, Thunbergia, Ceguk/wundani, melati
  • Merambat di air. Teratai, enceng gondok, kangkung dan ganggang

Indoor plant

Tanaman rambat yang bisa tumbuh di dalam atau indoor adalah Sirih gading dan daun sirih.

Tips agar tanaman tumbuh subur

  • Pastikan kondisi tanah memiliki kadar air dan unsur hara yang cukup
  • Tingkat keasaman tanahuntuk menanam tanaman rambat idealnya (pH) 7
  • Jenis pupuk yang dipakai sebaiknya pupuk kandang image
  • Sewaktu menanam bibit, tanah diberi pupuk kandang dahulu. Lalu diaduk-aduk agar pupu tercampur rata dengan tanah
  • Tanam bibitnya pada jarak 20 cm (berdaun kecil) dan 500 cm berdaun lebar) untuk memudahkan pergerakannya dan mendapatkan cukup nutrisi.
  • Untuk membantu pergerakannya, beri bilah bambu setinggi 15-20 cm untuk masing-masing bibit. Jika di rambatkan di pergola, Anda bisa mengikatnya di tiang hingga tanaman merambat sempurna/
  • Tanaman rambat cukup disiram sekali sehari. Sebaiknya disiram pada pagi atau sore hari.
  • Lakukan penjarangan bila tanaman mulai rimbun
  • Tanaman rambat bisa dibagi menjadi indoor plant dan outdoor plant. Indoor plant banyak dipakai untuk pemanis ruangan, ditempatkan di dalam vas atau botol.
  • Untuk indoor plant, air dalam vas  atau botol sebaiknya diganti minimal 3 hari sekali. Air murni ini cukup membawa unsur hara bagi proses pertumbuhan tanaman. [Majalah Idea]