Menjelajah Pos Satpam (Gardu Jaga)

Dalam acara survey bersama teman-teman, kami mengunjungi beberapa perumahan yang ada di daerah sekitaran Malang. Uniknya, bukan obyek perumahannya yang kami amati, melainkan Gardu Jaga yang terdapat pada perumahan tersebut.

Ya. Mungkin kebanyakan orang menganggap obyek ini tidak patut untuk diteliti atau dinikmati.

Namun, taukah Anda?

Ada atau tidaknya Gardu Jaga (Satpam) pada sebuah perumahan dapat mempengaruhi client dalam memilih sebuah tempat hunian, karena faktor keamanan dan lainnya.” Bisa juga mencerminkan strata atau karakter dari perumahan tersebut. Dan hal ini yang mendasari kami untuk melakukan survey.

Secara garis besar, kebanyakan Gardu Jaga yang ada di perumahan-perumahan Malang memiliki kesamaan. Entah dari segi fungsi, posisi, fasilitas ataupun nilai-nilai arsitekturalnya.

Dari sekian banyak obyek Gardu Jaga yang kami amati, Saya lebih tertarik pada Gardu Jaga yang terletak di perumahan “De Green Pavillion” Malang, dengan alasan bentuknya yang sederhana minimalis.

Langsung ke TKP …

clip_image002

Pada posisi ini, kita bisa melihat secara menyeluruh bentuk dari Gardu Jaga tersebut. Berada di tengah-tengah jalan utama menuju perumahan, yang di samping kiri dan kanannya terdapat taman, sehingga memberi kesan asri.

Terdapat pula penunjuk jalan, yang akan menuntun kita melalui jalan yang mana kalau masuk ke wilayah perumahan.

clip_image004 clip_image006

Lebih dekat dengan obyek, kita dapat melihat lebih detail dari Gardu Jaga ini. Baik bentuk, warna, tekstur maupun fungsi dari elemen-elemen tersebut dapat terlihat jelas pada posisi ini.

Zooming …

clip_image008 clip_image010

Adanya bukaan yang cukup besar pada fasad bagian depan, bertujuan agar Satpam ketika berada di dalam bangunan dapat melihat ke arah luar secara leluasa.

Selingan …

clip_image012

Contoh Mahasiswa yang Sopan dan mentaati Peraturan (haalahhh opo sih)

Sebelum melakukan survey, Saya dan teman-teman memperkenalkan diri serta beramah-tamah dengan Satpam yang sedang berjaga di sana guna mendapatkan izin dan perlindungan survey.

Lanjut …

clip_image014

Baru membuka pintu, di dalam ruangan terdapat perlalatan multimedia lengkap dengan meja dan kursi. Menurut Satpamnya sih .. Buat hiburan supaya gak boring saat berjaga.

clip_image016Selain ruang jaga, terdapat pula KM/WC yang berdampingan langsung dengan ruang jaga.

Jika dibandingkan dengan yang seharusnya, sepertinya fasilitas ini masih kurang dari standar yang diharuskan.

clip_image018

Ada juga fasilitas yang lebih asyik, yaitu ruang terbuka yang dilengkapi dengan bangku dan kursi. Fasilitas tambahan ini dimanfaat sebagai tempat bertamu.

Kesimpulan …

Selain dapat mengetahui karakter fisik dari bangunan Gardu Jaga yang terdapat di perumahan “De Green Pavillion”, Saya juga dapat mengetahui bagaimana sistem keamanan di sana, alat-alat yang dipakai oleh Satpamnya dalam berjaga dan lain-lain, lewat wawancara langsung dengan Satpam yang berjaga disana. Dengan begitu, Saya bisa membandingkan dengan desain Gardu Jaga yang akan Saya buat nantinya.